Kamis, 03 Oktober 2013

Brankas | Pengertian Dan Kegunaannya

Pengertian Brankas 

Brankas adalah sebuah lemari atau kotak besi yang tahan terhadap api dan memiliki kegunaan utama yaitu sebagai pelindung barang-barang berharga anda dari berbagai macam bahaya, seperti kebanjiran, kebakaran, pencurian, dll. Barang berharga yang biasanya disimpan di brankas adalah uang, surat-surat berharga seperti akta tanah,ijasah, akte kelahiran, perhiasan, dll.

Biasanya untuk bentuk dari brankas ini berbentuk persegi atau kubus dan ada juga yang berbentuk silinder. Tergantung dari kegunaan dari Brankas tersebut. Jika seseorang ingin menggunakannya hanya menyimpan uang / perhiasan kecil. Ia bisa menggunakan brankas kecil dan portable. Tapi jika ingin menyimpan banyak barang-barang. Biasanya brankas ini berbentuk ruangan dan pintu brankas terpasang di dinding. Biasanya ini digunakan banyak bank, untuk menyimpan barang-barang berharga nasabah yang menggunakan layanan Safe Deposit Box.

brankas, service brankas, pintu khasanah
Brankas Micro

brankas, service brankas, pintu khasanah
Brankas Micro

Menilik sejarah dari brankas ini, Asal kata brankas menurut dari wikipedia adalah berasal dari bahasa Belanda. Yang dari asal kata Branden yang memiliki arti membakar dan kast yang berarti lemari. Jadi kalau di gabungkan yang berarti lemari tahan bakar. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, Lemari besi , yaitu lemari yang terbuat dari sebuah besi.

Setelah mengetahui sejarah dan kegunaan dari brankas, anda yang mau membeli sebuah brankas untuk dirumah ataupunkantor. Bisa mengikuti beberapa tips dari kami mengenai apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli brankas.

1. Tanyakan kekuatan Brankas Jika Terjadi Kebakaran

Brankas yang baik adalah brankas yang tidak hanya melindungi dari tindakan perampokan seperti pembongkaran paksa brankas. Tetapi juga harus bisa menjaga barang-barang berharga anda dari bahaya kebakaran. Biasanya, brankas yang pemakaian dirumah. Hanya bisa anti-mailng saja atau hanya anti api. Jika ingin memiliki brankas yang punya 2 keunggulan itu, anda memang harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Untuk brankas tahan api yang beredar di pasaran sekarang kabanyakan bisa tahan terhadap api antara satu hingga dua jam. Jadi pastikan terlebih dahulu mengenai berapa lama brankas bisa bertahan di api dan apakah bisa brankas tersebut menjaga suhu saat brankas terbakar, ini untuk memastikan bahwa brankas ini bisa menjaga barang-barang andasaat terjadi kebakaran.

2. Tanyakan mengenai kekuatan dari Brankas jika terjadi perampokan

Perlu anda ketahui, bahwa brankas tidak bisa 100% menjaga barang anda. Karena memang, brankas itu tidak 100% anti bongkar. Tapi pertanyaannya sekarang adalah. Seberapa sulit para pencuri bisa membongkar brankas anda. Semakin sulit brankas, tentu akan membuat para pencuri berpikir dua kali untuk membongkar brankas anda.

3. Pastikan brankas yang anda ingin beli bersertifikasi.

Sertifikasi adalah hal yang harus anda lihat terlebih ahulu. Karena dengan memiliki sertifikat, brankas itu berarti telah di uji  untuk mengetahui ketahanan dan performanya.,

Itulah beberapa pengetahuan seputar brankas. Jika ingin memesan brankas yang teruji kelayakannya. Anda bisa memilih kami sebagai toko penyedia brankas anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar